Jumat, 04 Juni 2010

Fi 6800 : Scanner Produksi dari Fujitsu


Apabila anda berniat melakukan scan dokumen dengan maksimal ukuran A3 dengan kecepatan 100 lembar/menit , dengan produktivitas sekitar 100 ribu lembar/hari maka Scanner Fujitsu Fi 6800 akan memenuhi kebutuhan anda. 

Spesifikasi

Scanner Fi 6800 merupakan tipe tertinggi dari Fi series scanner Fujitsu, dengan optical resolution 600 dpi, dilengkapi lensa scanner Charged Coupled Devices (CCD)x 2 (scanner duplex dengan 2 lensa). Output resolution yang dihasilkan adalah 50 dpi hingga 600 dpi yang dapat diatur kenaikan resolusinya per 1 dpi. Mode dari gambar yang dihasilkan adalah color 24 bit, Grayscale, dan Monochrome (BW). Kapasitas bak penampung kertas masuk (input tray) adalah 500 lembar untuk kertas A4 (80 gram). Kapasitas output tray juga lebih dari  500 lembar. 

Scanner ini memiliki 3 connector yaitu USB 2.0, Ultrawide(68 pin) SCSI dan VRS SCSI yang dapat dipergunakan salah satu tergantung kebutuhannya. Driver yang digunakan adalah TWAIN dan ISIS, serta dilengkapi VRS yang sudah dipaketkan pada scanner ini.

Ukuran Kertas

Scanner Fi 6800 menangani ukuran kertas dari A8 portrait (53 mm x 74 mm) hingga A3 (297mm x 420 mm). Dengan menggunakan fasilitas long paper scanning , scanner ini mampu menangani dokumen hingga panjang 1,5 meter, dengan modifikasi pada driver set scanner ini sukses dicoba untuk melakukan scanning kertas sepanjang 8 meter.

Ketebalan kertas yang ditangani adalah 31 gram hingga 209 gram untuk ukuran A4 atau kurang dan 52 gram hingga 157 gram untuk ukuran kertas lebih dari A4.

Penanganan Kertas dan Paper Jam

Scanner Fi 6800 dilengkapi ultrasonic multifeed detection sebanyak 3 lajur (3 x ultrasonic detection) untuk mendeteksi penarikan ganda dari feeder dan langsung berhenti apabila terjadi pengambilan ganda. Keunggulan dari scanner ini adalah kemampuannya melakukan customization operasional multifeed detection. Yaitu untuk kertas-kertas yang biasanya ditempeli kertas lain (prangko, meterai, foto, post it) dapat diproses tanpa paper jam dengan mengatur perilaku multifeed detection sehingga scanner ini mampu membedakan lembar tempelan atau lembar yang ganda.

Software Scanning

Tidak ada gunanya scanner cepat untuk digitalisasi dokumen apabila tidak dilengkapi dengan software batchscanning untuk melakukan rename otomatis, separasi dokumen otomatis dan penempatan pada folder secara otomatis.

Scanner Fujitsu Fi 6800 dilengkapi oleh Aplikasi ScanAllPro yang bertugas mengatur setting scanner sehingga petugas scanner tidak bolak balik melakukan setting setiap scanning (resolusi, ukuran kertas, warna/grayscale/bw) serta mengatur  jenis file,penamaan file, penempatan folder, separasi dokumen menggunakan patchcode, barcode, blankpage. Kemudian dapat diatur pula auto orientation untuk pdf, proses selanjutnya (scan to FTP, Sharepoint Portal, Print, integration with other application via commandline).

Scanner ini dilengkapi 10Fungsi yang dapat diotomatisasi dari scanner untuk memanggil profil dari scan all pro, misal : tekan Function 1 untuk scanning 200 dpi, Automatic page, bw. semua tombol ini dapat dicustomize sesuai profil scan yang dipilih.

Fitur Lain

Dynamic Thresholding

Untuk menjalankan proses scan Fi Series dilengkapi 3 metode scanning yaitu static threshold untuk dokumen berbentuk masih bagus dengan tulisan yang jelas, standard dynamic thresholding (stdc) untuk dokumen seperti kertas dengan print out dot matrix serta mode advanced dynamic thresholding (advanced dtc) untuk kertas transparan bahkan kertas plastik. Ini berguna apabila dilakukan scanning kertas kalkir atau kertas OHP.

Automatic page Detection and Punchhole removal

Dalam proses scanning sering kali terjadi percampuran antara dokumen berbagai ukuran. Fi 6800 mampu melakukan auto cropping sesuai dengan ukuran sebenarnya. 

Apabila kita melakukan digitalisasi dokumen yang sebelum disimpan dalam folder dengan lubang atau punchhole kita dapat menghilangkan gambar lubang hitam pada hasil scan dengan mengaktifkan punchhole removal. Biasanya teknik ini digunakan untuk menghemat tinta printer warna hitam apabila dokumen ini dicetak kembali.

Scanner ini dipasarkan dengan kisaran harga USD 28,000 retail price.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar